Langsung ke konten utama

Multimedia

Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi. Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.


Beberapa definisi menurut beberapa ahli: 
·         Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
·         Kombinasi  dari  tiga  elemen:  suara,  gambar,  dan  teks (McComick, 1996)
·         Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.   Media ini   dapat  berupa  audio  (suara,  musik),  animasi,  video,  teks,  grafik  dan   gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
·         Alat  yang  dapat  menciptakan  presentasi yang dinamis dan interaktif   yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin   dan Linda, 2001)
·         Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter  2001 adalah:   pemanfaatan komputer untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks,   grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan   pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Multimedia dapat digunakan dalam: 
·         Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
·         Bidang  pendidikan  dalam  penyampaian  bahan  pengajaran  secara   interaktif  dan  dapat mempermudah  pembelajaran  karena  dididukung   oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
·         Bidang  jaringan  dan  internet  yang  membantu  dalam  pembuatan   website yang menarik, informatif, dan interaktif
·         Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
·         Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
·         Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
·         Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
·         Orang  mampu  mengingat  30%  dari  yang  didengar,  dilihat,  dan  dilakukan.

Multimedia mampu: 
· Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking / telecommuting:  Netmeeting!
· Mengubah cara belanja. Homeshopping / teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
· Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
· Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
· Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
· Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia

1.      Kombinasi Media Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai. Contoh media diskrit :  teks  dan  gambar,  dan  media kontinu adalah audio dan video.
2.      Independence  Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut.  Sistem  disebut  sistem  multimedia  jika  tingkat  ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah. 
3.      Computer-supported Integration  Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.  

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:  
1.      Sistem Multimedia Stand Alone  Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input  (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output  (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2.      Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama.   Contoh:   video converence dan video broadcast  Permasalahan:  bila  bandwidth  kecil,  maka  akan  terjadi  kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

 


Karakteristik multimedia
Dari segi karakteristik, multimedia dapat dibedakan menjadi 2 bentuk: yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Dan berikut adalah penjelasannya:
1.      Multimedia Linier merupakan sebuah struktur multimedia yang tidak menyediakan alat kontrol bagi penggunanya. Multimedia ini bersifat sekuensial (lurus/berurutan). Artinya, si pengguna hanya dapat bernafigasi sesuai ketentuan urutan dari satu frame/bite informasi ke frame/bite yang lainnya. Contohnya seperti Televisi dan Film.
2.      Multimedia Interaktif adalah kebalikan dari Multimedia Linier. Dimana pengguna dapat bebas bernafigasi tanpa rute atau alur yang telah ditentukan, karena media ini menyediakan alat kontrol atau alat bantu lain (komputer, mouse, keyboard dan lainnya) yang dapat dioperasikan oleh pengguna untuk mengontrol media tersebut. Contohnya seperti program perangkat lunak, seperti game, pemutar audio, video, image, dll. 


Daftar Pustaka:

https://www.it-jurnal.com/definisi-dan-pengertian-multimedia/https://ignasiusmicko.wordpress.com/2016/04/05/perangkat-media-pembuatan-aplikasi-multimedia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Representasi Floating Point & Aritmatika Floating-Point (Tugas 1)

Bilangan Floating Point             Notasi floating-point dapat digunakan untuk merepresentasikan baik bilangan yang sangat besar (|N| » 0), bilangan yang sangat kecil atau dekat dengan nol (|N| « 1), maupun bilangan yang terdiri dari keduanya. Floating-point membuat proses operasi aritmatika menjadi relatif lebih mudah. Floating-point merepresentasi bilangan nyata dalam bentuk persamaan: N = m × R e Dimana: m merupakan bagian bilangan pecahan yang biasa disebut significand atau mantissa e  adalah bagian bilangan bulat yang biasa disebut exponent R merupakan basis dari suatu sistem bilangan Bagian bilangan pecahan m merupakan  p -digit bilangan dengan bentuk (±d.dddd ... dd), dimana semua digit d adalah bilangan bulat antara 0 dan R-1. Jika digit terdepan (sebelak kiri) dari m bukan angka nol, maka bilangan ini dapat dikatakan sebagai  normalized . Format Bilangan Floating-Point Format bilangan floating-point biner telah distandarkan oleh IEEE 754-2008 (at

Enkripsi

Enkripsi A.     Pengertian Enkripsi Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia. Enkripsi  dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis  jaringan komputer B.      Sejarah Singkat Enkripsi Jaman dahulu orang Yunani menggunakan tool yang disebut  Scytale  untuk membantu mengenkripsi pesan yang akan mereka kirimkan. Metode ini lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan  . Mereka akan membungkus silinder dengan kertas, menulis pesan dan mengirimkannya. Metode enkripsi i

ADSL, SDSL, HOTSPOT, DAN WIFI

ADSL, SDSL, HOTSPOT, DAN WIFI A.      Pengertian ADSL ADSL merupakan singkatan dari  Asymmetric Digital Subscriber Line,  yaitu suatu bentuk teknologi pada komunikasi data yang dapat mentransmisikan data dengan cepat yang tinggi melalui kabel tembaga telepon dan memiliki sifat asimetrik, sifat asimetrik maksudnya bahwa data ditransferkan dengan kecepatan berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya. Teknologi ADSL dapat mengirimkan data dengan kecepatan tinggi, antara 1.5 Mbps s/d 8 Mbps untuk arah dari sentral ke pelanggan atau disebut dengan  Downstream  dan 16 Kbps s/d 640 Kbps untuk arah pelanggan ke sentral atau disebut dengan  Upstream . Dengan ADSL inilah sehingga dapat mengirimkan layanan interaktif multimedia dengan menggunakan jaringan akses kabel tembaga. Jadi dapat disimpulkan  Fungsi dari ADSL  yaitu suatu teknologi dalam komunikasi data yang digunakan untuk mentransfer data dan dapat digunakan untuk keperluan internet, yang secara fisik menggunakan line telepon.   Pe